Google Akan Menghapus Riwayat Lokasi Otomatis Setelah 18 Bulan

Google Akan Menghapus Riwayat Lokasi Otomatis Setelah 18 Bulan

Menjelang tenggat waktu penegakan Undang-Undang Privasi Konsumen California (CCPA) minggu depan 1 Juli, Google mengumumkan sejumlah pembaruan privasi baru. Perusahaan tersebut tidak menyebutkan CCPA dalam postingan blognya, tetapi waktunya mungkin tidak sepenuhnya kebetulan.

Riwayat lokasi akan kedaluwarsa setelah 18 bulan. Pengumuman utama berkaitan dengan Google Location History dan kebijakan penghapusan otomatis standar selama 18 bulan. Riwayat lokasi mungkin tidak selalu aktif. Tetapi jika dihidupkan, data lokasi pengguna sekarang akan secara otomatis dihapus setelah 18 bulan. Pengguna juga dapat menghapus data lokasi mereka secara manual atau mengatur penghapusan otomatis terjadi pada interval tiga bulan.

Hari ini, penghapusan otomatis harus diaktifkan oleh pengguna. Hal itu tidak akan lagi menjadi kasus ke depan. Ini adalah bagian dari serangkaian gerakan yang lebih luas oleh Google untuk memberi pengguna kontrol lebih besar atas data (lokasi) mereka selama setahun terakhir setelah beberapa skandal terkait data lokasi.

Mengikuti opsi hapus otomatis tahun lalu. Bulan Mei kemarin, Google memperkenalkan opsi hapus otomatis untuk pencarian, suara, aktivitas YouTube, dan Riwayat Lokasi. Itu memungkinkan pengguna untuk secara manual menghapus atau menghapus data mereka secara otomatis setelah 3 bulan atau 18 bulan, tetapi pengaturan perlu diaktifkan oleh pengguna.

Di luar Riwayat Lokasi, Google mengatakan akan melakukan penghapusan otomatis ke sebagian besar produknya untuk akun baru:

  • Penghapusan otomatis aktivitas Web & Aplikasi juga akan menjadi 18 bulan untuk akun baru.
  • Untuk akun YouTube baru penghapusan otomatis akan diatur ke 36 bulan.
  • Pengguna akun yang ada akan mempertahankan pengaturan mereka saat ini dan perlu menyesuaikannya secara manual, tetapi Google mengatakan itu akan meminta pengguna untuk melakukannya.

Google mengklarifikasi, bahwa "periode penyimpanan default tidak akan berlaku untuk produk lain seperti Gmail, Drive dan Foto, yang dirancang untuk menyimpan konten pribadi Anda dengan aman."

Pengaturan privasi dan mode Penyamaran. Google juga akan membuat pengaturan dan kontrol privasi lebih mudah ditemukan dalam hasil pencarian. Jika pengguna masuk, “Anda akan dapat mencari hal-hal seperti 'Pemeriksaan Privasi Google' dan 'Apakah Akun Google saya aman?' Dan sebuah kotak yang hanya terlihat oleh Anda akan menunjukkan pengaturan privasi dan keamanan Anda sehingga Anda dapat dengan mudah meninjau atau sesuaikan. "

Ini juga membuatnya lebih mudah untuk menggunakan Pencarian, Peta dan YouTube dalam mode Penyamaran di seluler, dengan "menekan" gambar profil akun Anda di kanan atas. Itu akan dengan cepat mengaktifkan mode Penyamaran, yang kemudian dapat dimatikan lagi dengan mudah.

Kenapa kita peduli? Sangat mudah untuk bersikap sinis tentang perubahan privasi Google, meskipun dalam keadilan bagi perusahaan itu telah meningkatkan hal-hal dari waktu ke waktu dan membuat privasi lebih mudah untuk dipahami dan lebih mudah diakses. Google mengatakan bahwa lebih dari 200 juta orang setiap tahun menggunakan alat Pemeriksaan Privasi, di mana perusahaan menambahkan "rekomendasi proaktif" untuk pengguna.

Tetapi ada juga cara yang jelas tentang PR dan reputasi Google. Jika pengguna yakin bahwa data mereka akan hilang secara otomatis, mereka mungkin lebih cenderung memilih ikut Riwayat Lokasi. Dan pencarian anonim juga dapat mencegah beberapa pembelotan ke mesin pencari yang lebih ramah privasi seperti DuckDuckGo.

Dalam melakukan perubahan ini, kecil kemungkinan Google mengorbankan sesuatu dari perspektif data atau penargetan iklan - 18 bulan adalah periode penyimpanan data yang sangat lama. Faktanya, justru sebaliknya: jika pengguna merasa lebih percaya diri dan terlibat dengan Riwayat Lokasi, daripada mengabaikannya sama sekali, itu akan langsung menguntungkan Google dan pengiklannya.

Published on : 29/06/20 09.48

Mulai Hasilkan Uang

Mulai langkah pertama untuk hasilkan uang lebih banyak bersama SafelinkNesia